C I N (T) A

Dear God
In Your majety, You create differences
In my arrogance, I question Your wisdom
In Your mistery, You create temptation
In my inferiority, You make me more than I am
So here I am
surrender me in the agony of Your love
Surrender me in the irony of Your law
Lead me to the joy of love redivined
Teach me how to love You more

Itu adalah kata-kata pembuka dai film ini. Film ini mengisahkan tentang cowok yang beragama Kristen dan cewek beragama Islam yang dari sejak perkenalannya mereka semakin lama semakin dekat layaknya sepasang kekasih. Usia mereka terpaut jauh, si cewek yang berada dalam TA yang sudah 3 kali mengulang, sedangkan Cina (si cowok) yang baru masuk ke bangku perkuliahan. Mereka satu jurusan yaitu arsitektur. Namun, perbedaan terletak pada agama. Mereka sama-sama memegang teguh agama mereka masing-masing. Konflik yang ada pada film ini terdapat di perbedaan agama dan ajarannya. Hingga tiba saat Cina mengalami kekecewaan saat tahu banyak Gereja yang di bom saat perayaan Natal. Ia mengira itu ulah para muslim yang mayoritas di Indonesia ini, ditambah lagi ia harus menerima kenyataan bahwa ia tidak mendapat beasiswa. Kenyataan-kenyataan tersebut membuat ia kecewa dengan Tuhan, hingga akhirnya ia mengkhianati Tuhan. Namun, lambat lau ia pun sadar akan kenyataannya, ia kembali kehidupnya dulu, yang sangat setia kepada Tuhan, dan menerima beasiswa di Singapore. Mereka pun dengan berat hati harus menerima bahwa karena keteguhan agama yang mereka anut, mereka hanya bisa menjadi sahabat.

Dari film ini keliatan banget memperlihatkan perbedaan agamanya terutama ajaran-ajarannya. Yang gue heran, kenapa muslim ga boleh ucapin selamat Natal ato sebagainya? Yah, kata film ini sih karena nasrani dianggap salah karena menganggap rasul (Yesus) sebagai Tuhan. Padahal yaa, for your inforrmation, kami menyembah Tuhan Allah, Yesus merupakan perantara Allah yang diutus Allah dalam bentuk manusia untuk meluruskan kebenaran tentang Tuhan Allah yang sebenarnya dan untuk menebus dosa manusia dengan cara mengorbankan diriNya sendiri di kayu salib. Kenapa itu disebut menebus dosa manusia? Karena Ia disalib dengan tidak ditemukan kesalahan apapun, itu dilakukan untuk menggantikan kesalahan-kesalahan semua umat manusia.
Di film ini ditanya juga. Apakah si cewe (beragama Islam) bisa diterima di Surga dalam ajaran Kristen? Jawaban tegasnya adalah YA, apabila ia bertobat dan percaya kepada Allah kita.

Yah, tapi adanya perbedaan-perbedan agama di dunia ini haruslah kita terima dan kita harus saling hormati. Gue selalu kayak gitu. Gue ga menggubris perbedaan agama yang ada, karena gue selalu berpendapat mereka (yang lain agama) pasti memiliki iman yang sama kayak gue walaupun Tuhan yang kita sembah beda. Apa sebenernya sama ya?? Cuma cara penyembahannya aja beda?? Haa.. gue jadi bingung sendiri.

Tapi yang gue ga suka dari si Cina di film ini, kekecewaan dia itu loh, masa sih saking kecewanya sampai rela buat pindah agama kalo si ceweknya minta. Karena kekecewaan imannya jadi lenyap mendadak, apa gunanya selama ini dia pelayanan?? Kalo soal Gereja di bomin, kita tinggal modal doa aja deh. Seperti yang Alkitab ajarin di Lukas 6 : 27b-28 “Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdolah bagi orang yaang mencaci kamu.” Dengan begitu kita bisa kedamaian didunia ini khan? Dan kita lihat apa jalan keluar yang Tuhan berikan dalam masalah ini, seperti halnya besasiswa Cina, ia ga dapet di kampusnya, tapi dapet yang di Singapore khan?? Diberi yang lebih baik malah kecewa. Jalani aja dulu, temukan yang terbaik dari jalan yang udah diberikan Tuhan.

Justru karena perbedaan kita dipersatukan supaya kita bisa saling mengerti !

GOD IS A DIRECTOR !
GOD IS AN ARCHITECT !

Advertisements

Categories: Daily Thought

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s