Jangan melihat orang dari kacamata kekayaannya

Setiap orang punya kriteria pasangan yang berbeda. Ada yang ingin pasngannya itu cakep. Ada yang pengen pasangannya itu kaya. Macem-macem deh.
Kalau masalah cakep-jelek itu subyektif ya, tergantung selera orang. Tapi menurut gue, cakep itu relatif, jelek itu mutlak, hahaha. Oke, bukan ini yang mau gue bahas. Yang mau gue bahas adalah tentang kekayaan.
Kekayaan itu hanya bersifat sementara, dia bisa datang dan pergi kapan pun juga. Kekayaan nggak selamanya buat kita bahagia, tapi sifat manusia justru bisa buat kita bahagia. Agak belum paham? Oke, let’s see.
Ada orang yang ingin punya pacar yang kaya, yang bawa mobil, yang punya gadget-gadget oke, dll. Itu belum jaminan kalu dia punya sifat yang bisa bikin kita nyaman dan bahagia. Apalagi kalau ‘kekayaan’ itu datangnya dari uang orangtua dia, karena itu artinya dia masih nebeng dama orangtuanya. Beda halnya dengan orang yang kehidupannya biasa aja, sederhana, coba kenali lebih lagi dan perhatikan sifatnya, karena kemungkinan besar kenyamanan dan kebahagiaan dapat kita dapatkan dari orang tersebut.
Berpikir kalau gue munafik?
Enggak, gue nggak munafik. Uang itu memang dibutuhkan apalagi mengingat hidup untuk masa depan, tapi uang itu bukan segalanya.
Gue akan lebih berkata “wow” sama orang yang bisa menghasilkan uang dari usaha dia sendiri. Misal, karena masa kuliah dan ijazahnya, dia bisa dapet kerja yang oke, dan akhirnya dia punya kerjaan yang berpenghasilan bagus. Justru gue akan bangga sama orang seperti itu, berarti dia udah usaha dari semasa dia muda. Percuma dong kalau kaya karena uang orangtua, hidup mewah, tapi masa depan? Masa tua’nya nanti?
Jadi, disini gue hanya menyarankan, jangan ngeliat orang hanya dari kaya’nya saja, apalagi orang itu masih muda. Misal, ngeliat mahasiwa bawa mobil ke kampus, terus kamu jadikan itu nilai puls (+) buat dia, yaelaaaah.. palingan juga mobil dari orangtuanya, bukan uang usaha dia sendiri kan?
Nah, makanya, kenali sifatnya, sukai karena sifatnya, bukan karena uangnya.
Advertisements

Categories: Daily Thought

Tagged as: , , ,

2 Comments »

  1. dek jadi arti kebahagian itu apa??karena ketika aku baca tulisan ini,,kayaknya berkaitan dengan apa yang aku tulis,,hahahahamari sama – sama mencari kebahagian yang sesungguhnya alias kebahagiaan yang sejati…:D

  2. pendapat dan kacamata orang tentang kebahagiaan itu beda-beda bang.Kalo dari persepsi aku, nantinya aku hidup dengan orang/keluarga yang punya sifat dan sikap yang bisa selalu buat aku nyaman, itu udah kebahagiaan, walaupun (misal) hidupnya sederhana, tapi kalo diberi 'kelebihan' sama Tuhan nantinya juga gak nolak. Pokoknya punya keluarga yg nyaman & harmonis walau hidup sederhana itu udah kebahagiaanku nantinya. Itu kalau dilihat dari masa depan.Buat apa kita punya uang banyak, tapi keharmonisan dan kenyamanan keluarga kita terancam?Sederhana disini, yah seenggaknya cukup utk memenuhi kebutuhan & kehidupan sehari-hari aja udah cukup lah, jangan jadi orang yang workholic karena ngejar buat dapetin kelebihan buat keluarga entar. Anak istri gak cuma butuh uang, tapi anak istri juga gak cuma butuh cinta dan kasih sayang.Kalau untuk jangka pendek, kebahagiaanku itu ketika aku membuat senang orang lain, dari mulai temen-temen sampai buat orangtua. Apapun itu, yang penting bisa buat mereka tersenyum dan senang, udah bikin kebahagiaan sendiri.Penilaian atau indikator kebahagiaan tiap orang itu beda-beda bang. Tapi kalo dengerin pendapat mereka tentang apa kebahagiaan dimata mereka, itu bisa jadi inspirasi buat kita 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s