Pilihan dan Memilih

Setiap orang pasti pernah merasa ‘gambling’ dalam memilih sesuatu.

Misal nih. Jujur, gue selalu bingung antara menggunakan kosakata gue-lo, aku-kamu, dan saya-anda dalam dunia maya dan jejaring sosial, karena gue tinggal dan bertumbuh di ‘dua kutub’ berbeda, lahir dan besar di Bekasi pinggiran Jakarta yang kesehariannya menggunakan kata gue-lo, dan bertumbuh berproses di kota pelajar, Yogyakarta, yang kesehariannya menggunakan aku-kamu. Kalau berbicara dengan teman-teman secara langsung di kota masing-masing tersebut sih no problemo. Tapi kalau dunia maya atau jejaring sosial? Dua kutub itu bersatu. Terkadang, mau pakai gue-lo dikira sok gaul, gaya, dll. Tapi nanti kalau pakai aku-kamu dibilang cupu, polos, sok lugu, dll. Yap, mungkin kata saya-anda menjadi sebuah alternatif dalam penulisan di dunia maya. Tapi bagi gue, itu terlalu tabu, terlalu formal, apalagi ngeliat tulisan di blog gue yang ‘suka-suka gue’ ataupun di jejaring sosial yang terlihat fleksibel. Ini soal penggunaan kata.

Pemilihan penggunaan kata itu sebuah ilustrasi yang simple aja dari gue. Ilustrasi lain nih ya. Pasti setiap orang pernah merasa ‘gambling’ dalam memilih, mau masuk sekolah/universitas mana? Mau ngelamar kerja dimana? Mau fokus bidang apa? Skripsi, judul-temanya mau apa? daaaan lain-laiiinn.. Pasti banyak hal yang menjadi pertimbangan. Kalau pilih A, nanti gini, tapi bagus sih. Kalau pilih B, nanti gitu, tapi bagus juga siiih. Dan berakhir dengan kalimat “Aaaaahh..pusing..”

Bahkan ‘gambling’ juga dirasakan dalam memilih pasangan hidup ataupun pacar oleh manusia-manusia berumur 20 tahun ke atas. Tapi kalau yang ini paling bahaya kalau kelamaan mikir. ‘Kelamaan mikir…kelaamaan mikir…kelamaan mikirr… Eh, disamber. Keburu ditikung yang lain..’ hahaha.

Dalam semua proses kehidupan ini, semuanya serba milih. Makanya orang sering bilang “Hidup itu pilihan”.
Bukan. Disini gue bukannya mau menjabarkan panjang lebar tentang kenapa ada statement “Hidup itu pilihan”. Tapi disini gue mau membukakan, bahwa dalam memilih itu pasti selalu ada pertimbangan dan berbagai alasan dalam pikiran kalian semua. Ada tipe orang pemikir, yang akan berpikir baik-baik banget, matang-matang banget, tapi butuh waktu lama untuk memikirkannya. Ada tipe orang yang berpikir simple, berpikir simple, memilihi, dan berkata “let it flow aja..” *nggak diambil pusing. Kalian? Masuk tipe yang bagaimana?
Tenang, kedua tipe ini memiliki konsekuensinya masing-masing kok.

Tiap orang punya karakter berbeda. Punya cara berpikir yang berbeda juga. Punya pilihan yang berbeda. Dan memilih yang berbeda juga.
Kalian boleh berpikir dengan cara apapun dan tipe apapun. Tapi yang jelas jangan pernah ragu untuk memilih, dan jangan pernah ragu ketika menjalaninya. Ketika sudah memilih, ya jalani saja dengan mantap, toh itu pilihanmu, toh itu hasil proses pertimbangan dan pergumulanmu, apa lagi yang kamu ragukan?

Jangan pernah ada kata RAGU, karena ragu itu bisa menghancurkan. Cukup berikan keyakinan, itu akan menimbulkan keberhasilan.
Jangan pernah terlalu lama berpikir, menimbang yang ternyata dapat melambangkan (menggambarkan) keraguanmu dalam memilih. Selain bisa menghancurkan keyakinanmu saat dipertengahan jalan, hal tersebut juga bisa menyebabkan kamu kehilangan. Kehilangan kesempatan yang mungkin saja tidak akan terjadi lagi.
(Tapi jangan juga berpikir telalu sebentar dan tanpa pertimbangan loh. Sangat tidak disarankan.)

Jadi ingat. Jangan pernah ragu. Cukup beri keyakinan akan apa yang kita pilih dan jalankan.
Setiap pilihan pasti punya konsekuensinya masing-masing.
πŸ™‚

Nb:
Gambling disini bukan berarti berjudi, tapi ‘gambling’ yang mengisyaratkan memilih dengan tepat dan dengan sebuah pertimbangan juga dalam kurun waktu yang singkat (bukan jangka panjang).

Advertisements

Categories: Daily Thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s