Rumah Besar Tjong A Fie

Processed with VSCOcam with c3 preset

Rumah besar Tjong A Fie terletak di tengah Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Lebih tepatnya di Jalan Akhmad Yani, area Kesawan, Kota Medan.
Buka dari pukul 09:00 hinga 17:00.
Untuk masuk ke dalamnya, setiap pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 35.000,-.

Hanya dengan membeli sebuah tiket masuk, kamu akan mendapatkan guide gratis untuk menemani kamu mengelilingi rumah besar Tjong A Fie.

———————————————————————————————————————————————————

collectie_tropenmuseum_studioportret_van_tjong_a_fie_majoor_der_chinezen_in_medan_tmnr_10018656
 Tjong A Fie  (1860-1921)
Beliau berasal dari keluarga yang sangat sederhana di China. Semasa hidupnya, beliau tidak pernah dapat menyelesaikan bangku sekolahnya karena keadaan ekonomi keluarga. Tjong A Fie dan kakaknya, Tjong Yong Hian, menghabiskan masa pertumbuhan mereka dengan membantu orang tua di toko. Pada umur 18 tahun, Tjong A Fie mengikuti jejak kakaknya tersebut untuk berlayar ke Labuan Deli di Sumatera Utara. Kedua kakak beradik tersebut pada akhirnya bertumbuh dan sukses dalam dunia bisnis mereka tersebut di Sumatera Utara.
 ——————————————————————————————————————————————————–
  1462553218895
Rumah besar Tjong A Fie berdiri pada tahun 1895 pada luasan tanah 8.000 m2. Rumah besar Tjong A Fie memiliki 2 lantai bangunan. Bangunan ini terdaftar sebagai bangunan bersejarah yang patut dilindungi (preservasi) dan museum.
Bangunan ini terbuka untuk umum sejak tahun 2009 dan dikelola oleh keluarga Tjong A Fie. Seluruh perawatan dan operasional dikelolah oleh keluarga Tjong A Fie dan kerabat.
———————————————————————————————————————————————————
Saat pertama kali memasuki rumah besar Tjong A Fie, kamu akan disambut dengan taman yang cukup luas dan indah.
1462553227526
———————————————————————————————————————————————————
Kemudian, kamu akan melihat beberapa bangku-bangku yang terletak di teras rumah. Biasanya digunakan pegunjung untuk menunggu atau sekedar bersenda gurau dengan teman-temannya.

——————————————————————————————————————————————————–

Ketika kamu hendak masuk ke dalamnya dan melewati pintu, kamu harus melangkah cukup besar karena di bawah pintu selalu ada sebuah balok seperti pada foto di bawah ini. Hampir semua pintu di rumah besar Tjong A Fie memiliki balok seperti ini.

Guide di rumah Tjong A Fie tersebut mengatakan bahwa kegunaan dari balok ini adalah untuk membuat kita sedikit membungkuk efek dari langkah besar tersebut yang menandakan kesopanan ketika bertamu.

——————————————————————————————————————————————————–

Pada tahun 1911, Tjong A Fie meneruskan posisi kakaknya sebagai pemimpin komunitas bisnis suku Tionghoa di Medan. Sebagai orang yang terkenal,Tjong A Fie memiliki banyak teman dan berbagai negara.

Untuk itu, pada rumah besar Tjong A Fie ini tedapat banyak sekali RUANG TAMU yang memiliki desain berbeda-beda. Setiap tamu yang berkunjung selalu ia ajak ke ruang tamu sesuai negara asal tamunya tersebut untuk memberikan kenyamanan bagi sang tamu agar merasakan seperti di rumahnya sendiri.

                      DSCF1355-01      1462553220556
                                         European style                                                  Malay style

                          1462553232786
                                          enjoyable/hommy                                           Chinesse style

——————————————————————————————————————————————————–

FOYER
 Hampir di seluruh ruang tamu memiliki ruang untuk para tamu menunggu (foyer).
——————————————————————————————————————————————————–
COURTYARD
1462553231198
 Seperti rumah-rumah suku Tionghoa pada umumnya, rumah Tjong A Fie juga memiliki sebuah ruang terbuka (courtyard) di tengah rumahnya tersebut.
——————————————————————————————————————————————————–
READING CORNER
DSCF1387-01
 Beliau juga memiliki ruang untuk membaca di kamar pribadinya. Terlihat cukup banyak buku yang ia miliki terutama buku pengembangan diri dan bisnis, biografi, dan terlihat juga beberapa sertifikat yang ia miliki.
——————————————————————————————————————————————————–
BED ROOM
1462553225993
 Lantai atas rumah besar Tjong A Fie digunakan sebagai kamar tidur dan hingga sekarang masih ditinggali oleh keluarga Tjong A Fie (cucu dan cicit). Meskipun rumah besar Tjong A Fie ini terbuka untuk publik, beberapa ruangan tidak boleh dimasukin karena area pribadi para keluarga Tjong A Fie yang masih tinggal di rumah besar tersebut.
——————————————————————————————————————————————————–
Bagian yang unik dan berkesan dari rumah besar Tjong A Fie ini adalah tema, desain, dan pola pada setiap ruangannya. Seluruh ruangan memiliki gaya yang berbeda-beda. Mayoritas memiliki gaya Tionghoa, Melayu, Art Deco. Hal ini terlihat dan desain langit-langit ruangan-ruangan tersebut.
1462553239513 1462553240876
——————————————————————————————————————————————————–
Pada penghujung eksplorasi rumah besar Tjong A Fie, kamu akan melihat surat wasiat yang terpajang dengan bingkai besar yang ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Belanda. Surat wasiat tersebut ditulis oleh Tjong A Fie dan ditujukan kepada keluarganya sendiri. YOU SHOULD READ IT! and you’ll see how wise, good, and powerful he is!
1462553222660
——————————————————————————————————————————————————–
At the end of this post, I want to share a best quote from Tjong A Fie
“There on earth where I stand. I hold the sky. Success and glory consist not in what I’ve gotten but in what I’ve given.”

Nb:
for english version, you can read it in my stellar –> Tjong A Fie Mansion <– click this link

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s