GUANGZHOU, China

Guangzhou memang bukan salah satu kota tujuan wisatawan saat mereka pergi ke China. Tapi bagi kamu yang ingin explore negara tiongkok ini, tidak ada salahnya juga untuk mengunjungi kota terbesar di Provinsi Guangdong dan juga 3 kota terbesar dari Cina Selatan setelah Beijing dan Shanghai ini loh. Guangzhou memiliki beberapa tempat destinasi yang cukup recommended untuk kamu kunjungi. Hingga tahun 2017 ini, saya sudah 2 kali mengunjungi Guangzhou, yaa memang semua ini karena keperluan business trip, tapi lokasi-lokasi yang saya kunjungi saat business trip dan di sela-sela aktivitasnya mungkin bisa menjadi rekomendasi teman-teman semua.

Guangzhou memiliki sebuah area yang baru terbangun, yaitu di area Grand Theatre (kalau naik Metro subway, bisa turun langsung di Grand Theatre Station). Di area ini kalian dapat menjelajahi beberapa bangunan menarik seperti Guangdong Museum, Guangzhou Children Palace, Guangzhou Opera House, dan HaiXinSha Asian Games Park.

Guangdong Museum

 

Guangzhou Children Palace

 

Guangzhou Opera House

HaiXinSha Asian Games Park

Diantara semuanya ini, tempat yang paling menarik pada area ini adalah Guangdong Museum! Saya kira, museum ini seperti museum pada umumnya, dan dari luar juga terlihat bangunannya tidak begitu besar. Tapi setelah masuk ke dalamnya, waw… luas banget! Cerita mengenai apapun tentang China dan sejarah berbagai hal juga ada, haha.. Bagi turis, untuk masuk kesini, GRATIS!! Tinggal tunjukkan passport kalian saja. Justru pengunjung lokal dikenakan biaya masuk. Terbalik yaa kalau di negara kita.. turis malah akan dikenakan biaya berkali-kali lipat untuk masuk ke lokasi wisata kalau di Indonesia, hehe.

Free! Tinggal tunjukkin passport

 

Salah satu bagian di dalam Guangdong Museum

Kalau kalian adalah pecinta sejarah, kalian bisa mampir ke Xi Han Nanyue Wang Bowuguan Museum atau yang lebih dikenal dengan nama Mausoleum Museum of the Nanyue King. Museum ini mulai dibuka sejak 1988 yang menunjukkan makam dan harta artefak dari Raja Nanyue yang memang berlokasi di lokasi tersebut.

Kondisi di dalam situs, yang terdapat banyak makam, karena sejarah dari runtuhnya kerajan ini, dimana seisi penghuni “rumah besar” ini dibunuh di lokasi ini juga.

Lokasi menarik lainnya yang bisa kalian kunjungi dan tidak ditemukan di Indonesia dari Guangzhou adalah.. greenways area. Apa sih itu greenways area? Intinya sih sebuah area ramah pejalan kaki yang dibangun di sepanjang area hijau, seperti sungai. Di Guangzhou, kalian bisa menelusuri GD Greenways yang tidak hanya memiliki banyak spot-spot menarik untuk foto, tetapi juga memiliki aktivitas menarik yang dapat ditelusuri di sepanjang sungai buatannya ini.

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di sepanjang sungai

 

Waterfall di GD Greenways

 

GD Greenways ramai pengunjung pada saat pagi dan sore hari. Umumnya, pengunjung yang datang adalah para lansia dan anak-anak.

Bagaimana dengan lokasi belanja di Guangzhou? Aktivitas ini pastinya wajib dilakukan para turis. Tenang, kalian bisa mampir ke area Gangding atau ke lokasi favorit saya yaitu Beijing Lu.

Area Gangding, dapat ditempuh menggunakan bus atau Metro subway dan turun di Gangding Station.

Beijing Lu, jika menggunakan Metro subway, dapat turun di Beijing Lu Station

Beijing Lu atau juga Beijing Road adalah sebuah area yang diperuntukkan hanya untuk pejalan kaki dan mobil petugas ataupun ambulance. Area ini secara teknis sering disebut sebagai pedestrianize area. Di semua sisi area ini terdapat toko-toko apapun yang menjual dari mulai barang-barang modern dan fashionable, tradisional, sampai hal-hal unik lainnya. Street food disini juga lumayan enak loh, terutama cumi bakarnya, nyummy..

Beijing Lu

Untuk kalian para muslim traveller yang takut untuk makan sembarangan dan ingin mencari makanan halal, kalian bisa berkunjung ke Wingying Restaurant ataupun restoran lainnya yang berada di sekitaran Jianshe 6th Road. Disini menu paling favorit adalah sup ikan! Ha.

Makan sup ikan, udang pedas, dan lainnya. 1 porsinya gede banget!

Begitulah kurang lebih informasi mengenai lokasi-lokasi menarik yang dapat dikunjungi di Guangzhou. Untuk dapat mengunjungi lokasi-lokasi tersebut, kalian dapat menggunakan transportasi publik seperti bus, Metro subway, dan juga bike share (layanan peminjaman sepeda dimana sepeda beroperasi sebagai fasilitas publik).

Bus station di Guangzhou

 

Metro Guangzhou

 

Guangzhou Bike Share

Integrasi antar moda transport di Guangzhou ini oke banget. Jadi kalian tidak perlu bingung untuk mobilitas kalian selama disana. Untuk naik bus, kalian hanya mengeluarkan uang 2 RNB (sekitar Rp 4,000,-), tarif flat. Sedangkan untuk subway, harganya mulai dari 2,5 RNB, tergantung dari jarak kalian tempuh. Atau kalian bisa beli smart card untuk menggunakan keseluruhan moda ini dengan membeli paket satu hari, seminggu, atau bahkan sebulan. So, selamat ngebolang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s