​Menyoal nonton di bioskop walau sendirian

Topik ini saya angkat ketika saya sudah mulai terganggu oleh sindiran teman saya setiap kali membahas tentang nonton di bioskop atau film baru di bioskop. Kalimat “emang kenapa sih kalau nonton sendirian? Biasa aja kali, malah enak beli tiket bisa mepet waktu pemutaran karena belinya hanya satu tiket” agak sedikit menganggi bagi saya. Saya tahu percis kalau teman saya ini pasti tidak bermaksud menyindir saya, tapi setelah itu saya berpikir kalau apakah mahkluk seperti saya (yang tidak terbiasa nonton sendirian) tergolong normal, atau justru kebiasaan seperti teman saya ini yang termasuk normal?

Untuk menjawab pertanyaan ini saya mencoba memanfaatkan aplikasi polling di twitter. Andai saja zaman saya kuliah dulu sudah ada fasilitas ini, mungkin dengan mudahnya saya mendapat data responden, HAHAHA.

Back to the topic! Jadi ketika saya menyebar link posting twitter tersebut dan berbekal hanya beberapa teman saja yang masih aktif bermain twitter, saya mendapatkan hasil ini :

Jenjeeeng.. untungnya hasilnya tidak jauh beda. Namun, polling membuktikan bahwa nonton bioskop sendirian itu adalah hal wajar dan tidak nonton bioskop kalau sendirian pun bukan hal yang aneh. Untuk memperkuat hasil saya ini, saya mencoba bertanya ke beberapa teman saya yang ikutan polling ini. Saya menanyakan alasan mereka vote suara tersebut. Beberapa jawaban mereka yang cocok untuk saya posting disini adalah: 

“Galau ri, haha. Karena tergantung sikon. Kalau aku sih biasanya bakal milih untuk cari temen dulu. Tapi kalau emang suka sama filmnya dan lagi males ribet sama orang lain ya milih ngapa-ngapain mau nonton mau karaoke mau ngapain juga lebih milih sendiri. Lazimnya sih cari temen dulu.” -NAI– 

“Pernah nonton sendirian. Sekali doang, terus ga pernah lagi sih, hahahaha. Tapi ada temen gue, 2 cewek, yang suka nonton sendirian. Kalau gue yah, ga lagi, hahahahaha. Soalnya gue tipe yang suka ngobrolin filmnya pas kelar, kalau sendiri, abis kelar nonton terus langsung keluar rasanya ada yang aneh terus gimana gitu. Terus pas nonton enakan ada seseorang disamping yang bisa diajak ngobrol, kalau ketawa, ketawa bareng, teriak bareng, terus bisa nanya kalau ada yang skip nonton. Terus sepi banget rasanya di studio gede gitu nonton cuma sendirian ga ada temennya, sedangkan orang lain bareng-bareng. Tapi yah pasti ada yang ga kayak gue, yang nonton film, ya nonton aja. Yang emang tujuan ke bioskop buat nonton film, bukan sekedar hangout bareng temen. Gue sih waktu itu coba-coba doang, tapi setelah dicoba ga enak ternyata”. -GYH– 

“Aku pede aja sih nonton sendiri. Nonton konser sendiri juga pernah, di PRJ bahkan, yang ramenya berkali-kali lipat dari bioskop. Aku suka music, mulai dari java jazz, seringai, OM, OMR, Via Vallen, Didi Kempot, Endank Soekamti, dll. Daripada aku kehilangan the best day of my life untuk nonton mereka, hidup cuma sekali, ya bodo amat, kenal juga enggak wkwkwkwkwk. Tapi itu kan soal pertunjukkan kesenian ya. Kalau soal nonton bioskop menurutku adalah kita gak bisa mengarahkan diskusi ke arah “pop movie” like spiderman, avenger, dll, 99% pasti mereka akan keluar di warnet Jogja. Tapi coba lihat ke film indie yang bagus banget, jarang-jarang tembus bioskop, dan belum tentu akan keluar di warnet. Kayak film Munir, film Ziarah (yang mungkin lau belum denger). Ini film indie yang keren, menang festival, lalu dapet ijin tayang di bioskop. Nah itu kan momen, ya sayang aja kalo dilewatkan” –APS–

“Aku pilih tidak nonton kalau sendirian. Soalnya aku pernah nonton sendirian sekali doang tapi, dan itu gak nyaman aja buatku, mending gak jadi nonton, itu pendapatku ri. Kalau aku ya emang sering kemana-mana sendiri, tapi kalau untuk nonton di bioskop sendiri sepertinya gak karena liat yang disekeliling nonton minimal 2 orang, gak ada yang diajak ngobrol sedikit review atau ketawa bareng aja”. -PRK– 

See? 

Tapi kalau melihat dari hasil ngobrol saya dengan teman-teman saya, gender juga mempengaruhi hasil polling ini, karena hampir seluruh perempuan menyatakan enggan untuk nonton sendirian. 

Perbandingannya bisa dikatan 7 dari 10 perempuan enggan untuk nonton bioskop sendirian. Beda halnya dengan teman-teman pria saya yang seluruhnya menyatakan tidak keberatan untuk nonton sendirian. Kemudian saya curiga kalau kebanyakan dari responden polling twitter saya adalah kaum adam dan wanita mandiri, hahaha. 

But overall, the result shows that it are common to watch movie in cinema only with yourself or not go to cinema if you are alone!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s