Apple to apple

“Ri, kamu jadi sekolah?”

“Kak ria, kalau aku daftar dan urus beasiswaku duluan boleh nggak? Aku ingin banget sekolah disana dan aku lihat lewat beasiswa ini kesempatannya besar.” (yg ini ya jelas boleh lahh, siapa gue untuk melarang hahaha, lagian kalau gue melihat kemampuan anak ini, dia pasti berhasil kok)

“Ri, gue belom cerita sama lo sih. Lo kan tau waktu itu gue gagal ikut sebuah program dengan hasil nilai yang nyaris. Tapi beberapa hari lalu, gue dapet email yang menyatakan gue lolos ke babak selanjutnya karena kandidat lain mengundurkan diri” — beberapa hari kemudian — “Alhamdulillah josss. Langsung diumumkan tadi, Ri”

Dari kalimat-kalimat yang datang kepada saya ini saya jadi benar-benar melihat, nasib dan usaha setiap dari kita berbeda-beda. Mungkin ada banyak dari teman-teman semua yang sedang “mengumpulkan nyawa” untuk bangkit kembali dari kegagalan dan kesulitan mencari waktu di sela pekerjaan yang selalu menumpuk. 

Ketika melihat yang lain berhasil, kalimat yang di otak saya “how lucky she/he is”. Padahal, kita mungkin nggak tau seberapa besar perjuangan mereka untuk mencapai itu. 

Kemudian sebuah kalimat terlintas di kepala saya “usaha berbanding lurus dengan keberhasilan”. Mungkin hingga saat ini usaha saya belum maksimal. Mungkin usaha teman-teman juga belum maksimal. Dan jangan iri akan nasib/keberhasilan teman kita yang lain, karena (balik lagi) usaha/cara kita dengan mereka supaya berhasil itu berbeda disesuaikan sama kemampuan masing-masing. 

Kalau kata teman saya “kita nggak apple to apple antara individu satu dengan yang lain. Karena kita nggak tau aja, bentuk perjuangannya bisa jadi beda, belakang layarnya juga, tantangan rintangannya juga. Tuhan bekerja dengan cara yang misterius tapi akan selalu yang terbaik buat hamba-Nya.”

So, if you want to achieve something, do it seriously with your heart, brain, and energy. (Praying is the first step! )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s