Short Escape – Itinerary 3 Hari 2 Malam di Bangkok

AirAsiaGo Liburan Gratis ke Bangkok

“Ri, bucket list lo kemana yang belum?” direct message seorang teman ketika saya buat insta story saat di Macchu Picchu, Peru, beberapa bulan lalu. Well, kalau ditanya bucket list, jujur saja saya tidak pernah membuat bucket list tahunan mengenai ingin traveling kemana, karena biasanya saya mengikuti kemana “angin” business trip dan ajakan liburan teman saya saja. Tapi kalau ditanya salah satu lokasi yang buat saya penasaran saat ini sebenarnya… SANTORINI. Tapi berhubung biaya kesana amat sangat mahal (yaiyalah Greece, haha) dan ternyata di Thailand ada Santorini Park, wow! Bisa banget dicoba nih sepertinya..

Eh, kebetulan bisa jalan-jalan gratis dari AirAsiaGo kalau ikutan challenge #AAGOMakeItReal dengan membuat itinerary 3 hari 2 malam di Bangkok, seperti yang tertera di https://business.facebook.com/notes/airasiago-indonesia/airasiago-blog-competition-aagomakeitreal/1596191410443005/

Kalau saja saya beruntung untuk liburan gratis ke Bangkok, saya sudah mantap sekali nih untuk explore Bangkok dan sekitarnya dengan satu orang sahabat saya yang dapat diajak ikut liburan gratis juga (menurut info hadiah dari challenge ini). Kemana aja sih kira-kira lokasi yang akan saya kunjungi? Siap yaa.. karena mungkin aja bisa jadi masukkan bagi teman-teman yang akan trip ke Bangkok juga. Let’s check it out!

DAY 1

Bandara Don Mueng Bangkok → Santorini Park

Seperti yang saya bicarakan di awal, saya penasaran sekali dengan Santorini Park. So, hari pertama dan hari kedua akan saya habiskan disana, yuhuuu.. Memang banyak orang yang memilih one day trip kesana, tapi setelah saya piker-pikir, sayang saja kalau saya harus pulang-pergi dari Bangkok ke Santorini Park.

Jadi, rencananya setelah kami berangkat menggunakan pesawat AirAsia di pagi hari dan tiba di Bandara Don Mueng Bangkok, kami langsung melanjutkan perjalanan ke Santorini Park dengan transportasi publik. Santorini Park ini terletak di provinsi Cha Am atau Hua Hin, Thailand, yang terletak di tepi pantai.  Setelah browsing, saya mendapatkan cara untuk kesana dengan menggunakan transportasi publik, yakni:

1. Jalan menuju Gate 6 di Bandara Don Mueng Bangkok
  2. Di bandara Don Mueng naik bus nomor A2 dan bilang pada supir untuk turun di Victory Monument (± harga tiketnya 30 baht)
  3. Ketika turun di Victory Monument, cari jembatan penyebrangan dan bertanya minibus jurusan Cha Am. Berdasar cerita, para supir disini tidak bisa bahasa inggris, jadi cukup tanya 2 huruf “CHA AM” maka mereka akan menunjukan dimana letak minibus tersebut (± harga tiketnya 133 baht)
  4. Minivan tersebut akan berhenti tepat di depan Santorini Park
  5. Setelah tiba di Santorini Park, langsung menuju hotel yang telah dipesan bersama tiket pesawat di airasiago.co.id

Saya prediksikan, kami akan tiba di Santorini Park siang hari, sehingga kami bisa berkeliling Santorini Park dan menikmati makan siang serta makan malam di restoran yang lucu-lucu yang berada di dalam park ini.

Santorini Park yang menyerupai Santorini di Greece, buat penasaran kan?
(sumber foto: http://www.bangkok.com/huahin/cha-am/santorini-park.htm)

Anyway, rencananya kami akan menikmati Santorini Park hingga pagi keesokan harinya, untuk mendapatkan view pagi hari ala Santorini Greece ini, hehe. Semoga dapat foto-foto dan footage yang bagus untuk vlog saya yah. Yang pasti, saya akan post di blog saya tentang perjalanan saya nantinya.

DAY 2

Santorini Park → Bang Talin Chan Floating Market → Khao San Road

Pagi menjelang siang, kami check out dari penginapan dan beranjak menuju Bangkok dan menghabiskan waktu disana hingga waktu untuk kembali ke Indonesia. Sesampainya di Bangkok, kami akan langsung menuju hotel yang sudah dipesan melalui www.airasiago.co.id saat kami di Indonesia.

Hari kedua ini saya dedikasikan untuk kulineran dan shopping! Yeaaaayy!! Setelah beristirahat sejenak setelah perjalanan yang lumayan jauh dari Santorini Park, kami akan kulineran makan siang/sore di Bang Talin Chan Floating Market yang berjarak 15km dari downtown area. Floating market atau pasar apung ini buka setiap hari, menurut artikel di http://www.bangkok.com/magazine/5-floating-markets.htm. Anyway, pasar apung ini termasuk dalam Top 5 floating market di Bangkok loh.. So excited to explore it!

Wajah Talin Chan Floating Market, siapkan perut kalian untuk mencicipi jajanan pasar khas Thailand disini yaa (sumber foto:  http://www.grandsukhumvithotel.com/bangkok-destination/bangkok-markets/taling-chan-floating-market/)

Setelah itu, pada malam harinya, kami akan menghabiskan waktu kami di Khao San Road. Sebuah jalan yang terkenal dengan pertokoannya baik souvenirs ataupun barang keperluan sehari-hari. Disini juga banyak street food yang dapat dicicipi loh, dari mulai noodle soup hingga warung maka prasmanan gerobakan.

Khao San Road yang selalu ramai dikunjugi warga lokal, turis lokal, maupun turis mancanegara
(sumber foto: http://www.bangkok.com/area-khao-san-road/)

DAY 3

Boat Noodle Alley → Grand Palace & Wat Prakeaw → Wat Arun → Wat Pho → Mango Tango

Hari ketiga, sebelum pulang, saatnya explore area pusat kota. Pertama, kami akan sarapan di salah satu area jajanan makanan terkenal di Bangkok, yaitu di Boat Noodle Alley di area Victory Monument, yeaay! Sehabis kenyang, kami akan melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi Grand Palace & Wat Prakeaw, Wat Arun (Temple of Dawn), dan Wat Pho. Tempat-tempat ini memang paling sering dikunjungi oleh turis kalau sedang berkunjung ke Bangkok. Tapi ada yang kurang rasanya jika ke Bangkok tapi tidak mengunjungi lokasi-lokasi yang paling ramai dikunjungi wisatawan.

Grand Palace & Wat Prakeaw (left), Wat Arun (Temple of Dawn) (middle), dan Wat Pho (right) (sumber foto: http://www.bangkok.com/)

Setelah puas berkeliling dan cukup letih, kami akan mampir untuk mencicipi mango rice sticky di salah satu tempat makan yang direkomendasikan teman saya, yaitu Mango Tango. Kami pantang pulang sebelum makan mango rice sticky deh pokoknya, haha.

Setelah semuanya terjalani, saya sudah siap pulaaang~

Saya pulang, bukan berarti tidak akan kembali loh. Saya bisa kembalai ke Bangkok lagi atau destinasi lannya dengan pantengin terus (follow) facebook AirASiaGo, instagram @airasiagoid, dan notifikasi dari app AirAsiaGo di hanphone untuk tahu promo terbaru mereka. Yuk wujudkan bucket list kamu bersama AirAsiaGo #AAGOMakeItReal.